Mengenal Rubik



           Rubik's Cube adalah puzzle kombinasi 3-D yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pematung Hongaria dan profesor arsitektur Ern architecture Rubik. Awalnya disebut Magic Cube,  teka-teki ini dilisensikan oleh Rubik untuk dijual oleh Ideal Toy Corp pada 1980  melalui pengusaha Tibor Laczi dan pendiri Seven Towns Tom Kremer, dan memenangkan Game Jerman Tahun Ini. penghargaan khusus untuk Puzzle Terbaik tahun itu. Pada Januari 2009, 350 juta kubus telah terjual di seluruh dunia menjadikannya game puzzle terlaris di dunia.Ini secara luas dianggap sebagai mainan terlaris di dunia.

           Pada Rubik's Cube klasik yang asli, masing-masing dari enam wajah ditutupi oleh sembilan stiker, masing-masing dari enam warna solid: putih, merah, biru, oranye, hijau, dan kuning. Versi kubus saat ini telah diperbarui ke panel plastik berwarna, yang mencegah pengelupasan dan pemudaran.

          Dalam model yang dijual saat ini, putih berlawanan kuning, biru berlawanan hijau, dan oranye berlawanan merah, dan merah, putih dan biru disusun dalam urutan itu dalam pengaturan searah jarum jam.Pada kubus awal, posisi warna bervariasi dari kubus ke kubus.

           Mekanisme pivot internal memungkinkan setiap wajah berputar secara independen, sehingga mencampur warna. Agar puzzle dapat dipecahkan, setiap wajah harus dikembalikan hanya memiliki satu warna. Teka-teki serupa sekarang telah diproduksi dengan berbagai sisi, dimensi, dan stiker, tidak semuanya oleh Rubik.

           Meskipun Rubik's Cube mencapai puncaknya popularitas mainstream pada 1980-an, itu masih banyak dikenal dan digunakan. Banyak speedcubers terus berlatih dan puzzle serupa; mereka juga bersaing untuk mendapatkan waktu tercepat dalam berbagai kategori. Sejak 2003, World Cube Association, badan pemerintahan internasional Rubik's Cube, telah menyelenggarakan kompetisi di seluruh dunia dan mengakui rekor dunia.

           Pada bulan Maret 1970, Larry D. Nichols menemukan 2 × 2 × 2 "Puzzle dengan Potongan Diputar dalam Grup" dan mengajukan aplikasi paten Kanada untuk itu. Kubus Nichols disatukan oleh magnet. Nichols diberikan paten A.655.201 pada 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan Cube-nya.

            Pada 9 April 1970, Frank Fox mengajukan paten "perangkat hiburan", sejenis puzzle geser pada permukaan bola dengan "setidaknya dua susunan 3 × 3" yang dimaksudkan untuk digunakan untuk permainan noughts dan salib. Ia menerima paten UK-nya (1344259) pada 16 Januari 1974.

            Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni dan Kerajinan Terapan di Budapest.Meskipun secara luas dilaporkan bahwa Cube dibangun sebagai alat pengajaran untuk membantu siswa memahami objek 3D, tujuan sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural memindahkan bagian-bagian secara mandiri tanpa seluruh mekanisme berantakan. 

           Dia tidak menyadari bahwa dia telah menciptakan puzzle sampai pertama kali dia mengacak-acak Cube baru dan kemudian mencoba mengembalikannya.Rubik memperoleh paten Hungaria HU170062 untuk "Magic Cube" -nya pada tahun 1975. Rubik's Cube pertama kali disebut Magic Cube (Bűvös kocka) di Hongaria.


           Batch uji pertama Magic Cube diproduksi pada akhir 1977 dan dirilis di toko-toko mainan Budapest. Magic Cube disatukan dengan potongan-potongan plastik yang saling mengunci yang mencegah puzzle mudah terlepas, tidak seperti magnet dalam desain Nichols. 

           Dengan izin Ernő Rubik, pengusaha Tibor Laczi membawa Cube ke Nuremberg Toy Fair Jerman pada Februari 1979 dalam upaya mempopulerkannya. Itu diperhatikan oleh pendiri Seven Towns Tom Kremer dan mereka menandatangani kesepakatan dengan Mainan Ideal pada September 1979 untuk merilis Magic Cube di seluruh dunia.

            Ideal menginginkan setidaknya nama yang dapat dikenali untuk merek dagang; tentu saja, pengaturan itu menempatkan Rubik dalam sorotan karena Magic Cube dinamai ulang setelah penemunya pada tahun 1980. Teka-teki ini membuat debut internasionalnya di pameran mainan London, Paris, Nuremberg dan New York pada bulan Januari dan Februari 1980.

            Setelah debut internasionalnya, kemajuan Cube menuju rak-rak toko mainan di Barat dihentikan sebentar sehingga bisa diproduksi dengan spesifikasi keselamatan dan pengemasan Barat. Cube yang lebih ringan diproduksi, dan Ideal memutuskan untuk mengganti namanya. "The Gordian Knot" dan "Inca Gold" dipertimbangkan, tetapi perusahaan akhirnya memutuskan "Rubik's Cube", dan batch pertama diekspor dari Hongaria pada Mei 1980.

            Nichols menugaskan patennya ke perusahaannya, Moleculon Research Corp., yang menggugat Ideal pada tahun 1982. Pada 1984, Ideal kehilangan gugatan pelanggaran paten dan mengajukan banding. Pada tahun 1986, pengadilan banding menguatkan putusan bahwa Pocket Cube 2 × 2 × 2 Rubik melanggar paten Nichols, tetapi membatalkan putusan pada Cube 3 × 3 × 3 Rubik.

             Bahkan ketika aplikasi paten Rubik sedang diproses, Terutoshi Ishigi, seorang insinyur otodidak dan pemilik besi di dekat Tokyo, mengajukan paten Jepang untuk mekanisme yang hampir sama, yang diberikan pada tahun 1976 (publikasi paten Jepang JP55-008192). 

            Sampai tahun 1999, ketika undang-undang paten Jepang yang diamandemen diberlakukan, kantor paten Jepang memberikan paten Jepang untuk teknologi yang tidak diungkapkan di Jepang tanpa memerlukan hal baru di seluruh dunia. Oleh karena itu, paten Ishigi secara umum diterima sebagai penemuan ulang independen pada waktu itu.

           Rubik mengajukan lebih banyak paten pada 1980, termasuk paten Hungaria lainnya pada 28 Oktober. Di Amerika Serikat, Rubik diberikan Paten AS 4.378.116 pada 29 Maret 1983, untuk Cube. Paten ini kedaluwarsa pada tahun 2000.

            Rubik's Brand Ltd. juga memegang merek dagang terdaftar untuk kata Rubik dan Rubik's dan untuk visualisasi 2D dan 3D dari puzzle. Merek dagang telah ditegakkan oleh putusan Pengadilan Umum Uni Eropa pada tanggal 25 November 2014 dalam pembelaan yang berhasil terhadap produsen mainan Jerman yang berusaha untuk membatalkannya. Namun, pabrikan mainan Eropa diizinkan untuk membuat puzzle dengan bentuk berbeda yang memiliki fungsi rotasi atau puntir yang serupa pada bagian-bagian komponen seperti misalnya Skewb, Pyraminx, atau Impossiball.

            Pada 10 November 2016, Rubik's Cube kalah sepuluh tahun karena masalah merek dagang utama. Pengadilan tertinggi Uni Eropa, Pengadilan Kehakiman memutuskan bahwa bentuk puzzle itu tidak cukup untuk memberinya perlindungan merek dagang.

No comments

Most Review

Top Record Menyelesaikan Rubik Tercepat Di Dunia 2018

Powered by Blogger.