Mengenal Rubik 4×4×4


             Pembalasan Rubik (juga dikenal sebagai Master Cube) adalah versi 4x4 dari Rubik's Cube. Itu dirilis pada tahun 1981. Diciptakan oleh Péter Sebestény, Pembalasan Rubik hampir disebut Sebestény Cube sampai keputusan yang agak menit terakhir mengubah nama puzzle untuk menarik penggemar Rubik's Cube asli. 

           Berbeda dengan puzzle asli (dan kubus 5 × 5 × 5), ia tidak memiliki aspek tetap: aspek tengah (empat per wajah) bebas untuk pindah ke posisi yang berbeda.

           Metode untuk menyelesaikan pekerjaan kubus 3 × 3 × 3 untuk tepi dan sudut kubus 4 × 4 × 4, selama seseorang telah mengidentifikasi posisi relatif warna dengan benar - karena bagian tengah tidak lagi dapat digunakan untuk identifikasi

            Teka-teki ini terdiri dari 56 kubus miniatur unik ("cubies") di permukaan. Ini terdiri dari 24 pusat yang menunjukkan satu warna masing-masing, 24 tepi yang menunjukkan dua warna masing-masing, dan 8 sudut yang menunjukkan masing-masing tiga warna. Revenge Rubik yang asli dapat dibongkar tanpa banyak kesulitan, biasanya dengan memutar satu sisi melalui sudut 30 ° dan mencungkil ujungnya ke atas sampai copot.

           Mekanisme asli yang dirancang oleh Sebestény menggunakan bola beralur untuk menahan bagian tengah di tempatnya. Potongan tepi dipegang di tempat oleh pusat dan sudut dipegang di tempat oleh tepi, seperti kubus asli. 

           Ada tiga lekukan yang saling tegak lurus untuk bagian tengah untuk meluncur. Setiap alur hanya cukup lebar untuk memungkinkan satu baris potongan tengah melewatinya. Bola dibentuk untuk mencegah bagian tengah dari baris lain tergelincir, memastikan bahwa bola tetap sejajar dengan bagian luar kubus. Mengubah salah satu lapisan tengah bergerak baik hanya lapisan itu atau bola juga.

          Versi Eastsheen dari kubus, yang sedikit lebih kecil pada 6cm ke tepi, memiliki mekanisme yang sama sekali berbeda. Mekanismenya sangat mirip dengan versi Eastsheen dari kubus Profesor, bukan mekanisme ball-core. Ada 42 buah (36 bergerak dan enam tetap) benar-benar tersembunyi di dalam kubus, sesuai dengan baris tengah pada Cube Profesor. 

          Desain ini lebih tahan lama daripada aslinya dan juga memungkinkan sekrup digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan kubus. Spindel pusat dibentuk khusus untuk mencegahnya tidak selaras dengan bagian luar kubus.

          Ada 24 potongan tepi yang menunjukkan dua sisi berwarna masing-masing, dan delapan potongan sudut yang menunjukkan tiga warna. Setiap potongan sudut atau sepasang potongan tepi menunjukkan kombinasi warna yang unik, tetapi tidak semua kombinasi ada (misalnya, tidak ada bagian dengan kedua sisi merah dan oranye, jika merah dan oranye berada di sisi yang berlawanan dari Cube yang diselesaikan). 

          Lokasi kubus-kubus ini relatif terhadap satu sama lain dapat diubah dengan memelintir lapisan kubus, tetapi lokasi sisi-sisi berwarna relatif terhadap satu sama lain dalam keadaan selesai puzzle tidak dapat diubah: itu diperbaiki oleh posisi relatif dari kotak tengah dan distribusi kombinasi warna pada potongan tepi dan sudut.

          Untuk Cubes terbaru, warna-warna stiker adalah oranye berlawanan merah, kuning berlawanan putih, dan hijau berlawanan biru. Namun, ada juga kubus dengan pengaturan warna alternatif (kuning berlawanan hijau, biru berlawanan putih dan merah oranye berlawanan). Versi Eastsheen berwarna ungu (berseberangan merah) dan bukan oranye.

Rubik 4 × 4 × 4 Mempunyai 8 sudut, 24 tepi dan 24 pusat.


              Permutasi sudut apa pun dimungkinkan, termasuk permutasi aneh. Tujuh dari sudut dapat diputar secara independen, dan orientasi kedelapan tergantung pada tujuh lainnya, memberikan 8! × 37 kombinasi.

              Ada 24 pusat, yang dapat diatur dalam 24! cara yang berbeda. Dengan asumsi bahwa empat pusat dari masing-masing warna tidak dapat dibedakan, jumlah permutasi dikurangi menjadi 24! / (246) pengaturan. Faktor reduksi muncul karena ada 24 (4!) Cara untuk mengatur empat potong warna yang diberikan. Ini dinaikkan ke kekuatan keenam karena ada enam warna. Permutasi aneh sudut menyiratkan permutasi aneh dari pusat dan sebaliknya; Namun, permutasi genap dan ganjil dari pusat tidak dapat dibedakan karena penampilan yang identik dari potongan-potongan tersebut. Ada beberapa cara untuk membuat potongan pusat dapat dibedakan, yang akan membuat permutasi pusat aneh terlihat.

             24 tepi tidak dapat dibalik, karena bentuk bagian dalam asimetris. Tepi yang sesuai dapat dibedakan, karena merupakan gambar cermin satu sama lain. Permutasi tepi apa pun dimungkinkan, termasuk permutasi aneh, memberi 24! pengaturan, terlepas dari sudut atau pusat

             Dengan asumsi kubus tidak memiliki orientasi tetap dalam ruang, dan bahwa permutasi yang dihasilkan dari memutar kubus tanpa memelintirnya dianggap identik, jumlah permutasi dikurangi dengan faktor 24. Ini karena semua 24 posisi yang mungkin dan orientasi dari tikungan pertama adalah setara karena kurangnya pusat tetap. 

             Faktor ini tidak muncul ketika menghitung permutasi N × N × N kubus di mana N adalah aneh, karena teka-teki itu memiliki pusat tetap yang mengidentifikasi orientasi spasial kubus.

            Beberapa versi Revenge Rubik memiliki salah satu bagian tengah yang ditandai dengan logo, membedakannya dari tiga lainnya dengan warna yang sama. Ini meningkatkan jumlah permutasi yang dapat dibedakan dengan faktor empat menjadi 2,96 × 1046, meskipun salah satu dari empat posisi yang mungkin untuk bagian ini dapat dianggap benar.

             Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan Balas Dendam Rubik. Metode yang paling umum adalah reduksi, disebut demikian karena secara efektif mengurangi 4 × 4 × 4 menjadi 3 × 3 × 3. Cubers pertama-tama mengelompokkan potongan-potongan tengah warna umum bersama, lalu memasangkan tepi yang menunjukkan dua warna yang sama. Setelah ini selesai, hanya mengubah lapisan luar dari kubus memungkinkan untuk dipecahkan seperti kubus 3 × 3 × 3. 

             Namun, posisi tertentu yang tidak dapat diselesaikan pada kubus standar 3 × 3 × 3 dapat dicapai. Ada dua kemungkinan masalah yang tidak ditemukan pada 3 × 3 × 3. Yang pertama adalah dua potongan tepi terbalik pada satu sisi, menghasilkan warna untuk tepi yang tidak cocok dengan sisa kubus di kedua sisi (OLL parity):

              Beberapa metode dirancang untuk menghindari kesalahan paritas yang dijelaskan di atas. Misalnya, menyelesaikan sudut dan tepi terlebih dahulu dan pusat terakhir akan menghindari kesalahan paritas tersebut. Setelah sisa kubus diselesaikan, permutasi dari bagian tengah dapat diselesaikan. Perhatikan bahwa mungkin untuk bertukar sepasang pusat wajah dengan bersepeda 3 pusat wajah, dua di antaranya identik secara visual.

             Paritas terjadi pada semua kubus dengan jumlah tepi genap dari 4x4x4 dan seterusnya. Namun, itu tidak terjadi pada kubus dengan jumlah tepi ganjil, seperti 3x3x3 dan 5x5x5. Ini disebabkan oleh fakta bahwa yang terakhir memiliki bagian tengah yang tetap dan yang pertama tidak.

             Penyelesaian langsung 4 × 4 × 4 tidak biasa, tetapi mungkin, dengan metode seperti K4. Melakukan hal itu memadukan berbagai teknik dan sangat bergantung pada komutator untuk langkah-langkah terakhir.


Beberapa algoritma menyelesaikan Rubik 
4 × 4 × 4 adalah:

1. Memecahkan pasangan tepi - u 'R U R' u dan u L 'U' L u '
2. Paritas OLL - r U2 x r U2 r U2 r 'U2 l U2 r' U2 r U2 r 'U2 r'
3. PLL paritas - 2R2 U2 2R2 u2 2R2 2U2 atau u2 r2 U2 2R2 U2 r2 u2

Rekor dunia

             Rekor dunia untuk penyelesaian tercepat adalah 18,42 detik, ditetapkan oleh Max Park Amerika Serikat pada 27 Mei 2018 di SacCubing IV 2018. Rekor dunia untuk rata-rata tercepat dari lima sol (tidak termasuk sol tercepat dan paling lambat) adalah 21,13 detik,

            juga ditetapkan oleh Taman pada 27 Mei 2018 di SacCubing IV 2018. Rekor dunia untuk penyelesaian mata tertutup tercepat (termasuk waktu inspeksi) adalah 1 menit, 26,41 detik, ditetapkan oleh Kaijun Lin dari Cina pada 30 Juni 2018 di Please Be Quiet Beijing 2018

No comments

Most Review

Top Record Menyelesaikan Rubik Tercepat Di Dunia 2018

Powered by Blogger.